Get Adobe Flash player

Pusdiklat Adakan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Tematik

diklat
Jakarta – Minmora, Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Tematik Bagi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang dilaksanakan pada tanggal 4 s/d 10 Juni 2014 di Kampus Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Tenaga Teknis Kementerian Agama Jl. Ir. H. Juanda Ciputat, Tanggerang Selatan turut diikuti guru MIN Model Martapura.

Peserta diklat ini adalah guru kelas I pada MI yang berjumlah 35 orang dan merupakan utusan Kanwil Kementerian Agama dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Dalam hal ini Kanwil Kementerian Agama Kalsel mengutus Maria Ulfah, S.Pd.I sebagai peserta yang merupakan guru kelas satu pada MIN Model Martapura Kabupaten Banjar.

Tujuan diselenggarakannya Diklat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dalam proses pembelajaran dan sikap mental guru untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standar kompetensi sebagai seorang guru yang profesional.

Diklat ini diadakan mengingat adanya undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menyatakan bahwa guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga professional, oleh karena itu kompetensi guru harus ditingkatkan. Salah satu prinsip keprofesionalan seorang guru adalah memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru meliputi empat asfek, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

“Dengan adanya Diklat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kurikulum 2013 dan tematik serta mendapatkan pengalaman yang sangat berharga karena yang menyampaikan materi adalah nara sumber yang profesional di bidangnya,” kata Maria Ulfah,

Maria berharap ilmu yang didapatnya dari Diklat ini, bisa diterapkan di madrasah tempatnya mengajar,” kata Maria. (Ref: Son’ani/ Ft: Maria)

Galery Video

Bingkai Berita

Inspirasi

Album Memori